Pengadilan Agama Bangkalan Jembatan Suramdu Pengadilan Agama Bangkalan Pengadilan Agama Bangkalan Pengadilan Agama Bangkalan Pengadilan Agama Bangkalan

PEMERIKSAAN REGULER PEGADILAN TINGGI AGAMA SURABAY

Ditulis Pada Tanggal 20 Mei 2016 Oleh admin

Bankalan, 09 Maret 2016

Berdasarkan surat tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya nomor W13-A/0842/PS.00/III/2016 tanggal 08 Maret 2016 Ketua, Sekretaris, Kabag Perencanaan dan Kepegawaian, serta Panitera Pengganti PTA Surabaya datang ke kantor Pengadilan Agama Bangkalan untuk melaksanakan pengawasan reguler selama 1 hari kerja pada tgl 08 maret 2016. Adapun nama-nama pejabat dan pegawai Pengadilan Tinggi Agama Surabaya tersebut adalah Dr. H. M. Rum Nessa, S.H., M.H., H. Nursani, S.H., Mohammad Kodi, S.H., dan Masruchin, S.H.,

Dalam melaksanakan pemeriksaan reguler tersebut terdapat tiga wilayah pemeriksaan, antara lain :

  1. Keadaan Berkas Perkara
  2. Keuangan Pihak Ketiga
  3. Pinjaman Kepada Pihak Ketiga dan atau menggunakan serta membawa barang – barang inventaris kantor.

Pelaksanakan pemeriksaan tersebut dilaksanakan di ruang bapak Ketua, ruang kesekretariatan dan ruang kepaniteraan. Ada juga pemeriksa yang langsung mendatangi tempat ataupun ruanga yang menjadi wilayah atau objek pemeriksaan.  Ada juga pemeriksa yang secara langsung bertanya kepada pegawai atau pihak yang sedang berpekara terkait dengan pemberiaan pelayanan di Pengadilan Agama Bangkalan.

Akhirnya pada sore hari  pukul 15.00 WIB di ruang sidang II Tim pengawas mengekspose hasil temuan yang telah ditemukannya selama melakukan pengawasan di kantor Pengadilan Agama Bangkalan, adapun penyampaian hasil pengawasan tersebut dibuka langsung oleh Bapak Panitera Pengadilan Agama Bangkalan Zainul Hudaya, S.H., Dalam penyampaian hasil pengawasan tersebut Ketua PTA Surabaya Bpk Dr. H. M. Rum Nessa, S.H., M.H., menyampaikan temuannya yaitu :

  1. Pertanggung jawaban keadaan berkas perkara, keuangan pihak ketiga, keuangan eksekusi, biaya peroses penyelesaian perkara dan administrasi keuangan DIPA/Kas Umum, Keuangan/Penerimaan PNBP (HHK dan HKKL) dan Barang Milik Negara (BMN), setelah pemeriksaan ini sampai serah terima jabatan menjadi tanggung jawab pejabat yang menerima pelimpahan wewenang.
  2. Hal-hal yang sudah baik sesuai dengan peraturan yang berlaku dapat diteruskan dan kinerja aparat pengadilan agama Bangkalan perlu ditingkatkan agar ke depan dapat lebih baik lagi.
  3. Terhadap penulisan/pengisian kolom-kolom dalam buku register induk yang masih kosong baik perkara gugatan, permohonan, banding,  kasasi, peninjauan kembali (PK) dan eksekusi serta kearsipan menjadi tanggung jawab Panitera, wakil Panitera dan Panitera Muda maka di perlukan kontrak kinerja.
  4. Pelantikan dan serah terima jabatan ketua pengadilan agama Bangkalan dapat dilaksanakan.

 

[ Selanjutnya >> ]